A.
Latar Belakang Masalah
Teknologi informasi dan
komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang
signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan
informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat
sasaran (relevant). Informasi
memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan,
sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika
informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang
benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya
jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga
informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
B.
Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian komputer
dan bagian-bagiannya ?
2. Apa
komponen hardware itu ?
3. Apa komponen Software itu ?
4. Apa Brainware itu ?
C.
Tujuan Masalah
1.
Untuk mengetahui pengertian komputer dan
bagian-bagiannya.
2.
Untuk mengetahui cara kerja komputer.
3.
Untuk melengkapi tugas produktif.
4. Untuk mengetahui apa saja komponen hardware.
5. Untuk mengetahui apa saja komponen software.
6. Untuk mengetahui apa itu Barainware.
BAB II
ANALISIS
A.
Apakah
pengertian komputer dan bagian-bagiannya
PENGERTIAN
KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
FUNGSI KOMPUTER
Komputer memiliki banyak fungsi yang
diantaranya sebagai berikut :
1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja
Banyak pekerjaan
yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik
harus mesin ketik dan bila da kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan
diketik ulang kembali, selain itu dengan mesin ketik dokumen yang telah diketik
tidak dapat diedit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat
mengetik, mengedit, dan menyimpantersebut untuk dapat diedit berulang-ulang.
2. Komputer sebagai sarana komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan
seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas teepon,
tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita . dengan komputer
kita dapat :
a. Sambil bicara kita dapat menlihat mereka dengan
menggunakan webcam,
b. Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (chatting),
c. Juga dapat menulis surat kepada mereka (email),
d. Kita dapat mengirimkan gambar kepada mereka, dan lain-lain.
3. Komputer sebagai alat hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah, radio
tape, TV, dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari suatu
wilayah. Dengan komputer kita dapat meghibur diri kita dapat menhibr diri kita
dengan berrbagai fasilitas yang terdapat pada komputer diantaranya :
a. Mendengar lagu-lagu atau musik melaui, PC, CD/DVD atau melalui
internet
b. Menonton
video/film lewat PC, CD/DVD, atau melalui internet
c. Bermain
game dengan aplikasi game yang kita instal sendiri atau game online
d. Nonton
saluran TV, dari saluran receiver yang kita pasang pada komputeratau melaui TV
channel online dengan internet.
4. Sebagai sarana pendidikan
Menggunakan komputer yang terhubung dengan
internet ataupun tidak, kita dapat memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan,
diantaranya :
a. Dari aplikasi yang kita install. Setiap aplikasi yang kita
instal pasti ada menu bantuannya (help) yaitu tutorial cara menggunakan
program dan latihan.
b. Aplikasi yang kita instal dapat membuat kita menjadi ahli dalam
bebrapa bidang seperti
1) adobe photoshop,
dengan aplikasi ini kita bisa enjadi seorang yang mahir bidang grafis.
2) Power point ; dengan
aplikasi ini kita dapat menjadi seorang yag mahir dalam di bidang persentasi.
3) Autocad ; dengan
aplikas ini kita dapat menjadi seorang yang ahli di bidang desain arsitektur.
c. Selain aplikasi yang kita instal, bila kita terhubung dengan
internet kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan seperti senjarah, kebudayaan,
matematika, sosial, biologi, kedokteran, atau kesehatan, ekonomi, politik,
website design, bahasa (segala bahasa dapat diperoleh), pengetahuan agama dan
lain-lain.
5. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah
pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat
untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara
lain : membuat rental Komputer, membuat warnet, usaha percetakan, usaha Video
Editing, usaha Ringtone dan wallpaper ke Hp, usaha Sablon, Service dan
Install Komputer Software, usaha Disain Arsitektur, Membuka usaha
disain Grafis untuk periklanan Membuka Usaha disain Website Membuka
usaha programer akounting dan keuangan, usaha Kursus Komputer, Jasa Website
sebagai media Informasi Mengarang dan, buku Online yang dapat di jual .
6. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan
perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau
mengoperasikan system seperti : mengontrol kamera security, mengontrol
pengoperasian mesin Robot pabrik Mengontrol Escalator, Pengontorlan pencahayaan
untuk lampu Studio rekaman, Pengontrolan peralatan Editing Video Pengontrolan
tata lampu traffic jalan Pengontrolan system jaringan Network7.
Tapi dari segala hal-hal yang positip yang
dapat diperoleh dari komputer, banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh
pengguna komputer antara lain :
a. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan
seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga
mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawab mereka, seperti belajar, bekerja
dan lain-lain.
b. Dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar serta video
porno dapat merusak akhlak seseorang.
c. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk
mendapatkan uang secara mudah.
d. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang
dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak
system orang.
Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya
fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya.
BAGIAN-BAGIAN
KOMPUTER
Analog dengan manusia, komputer juga
mempunyai bagian-bagaian yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Susunan letak dan
hubungan antar bagian-bagian hingga membentuk tubuh komputer disebut sebagai
arsitektur komputer. Atau dengan kata lain arsitektur komputer merupakan
pengorganisasian bagian-bagain fungsional sebuah
komputer. Seperti manusia, komputer juga akan sulit di jalankan
apabila salah satu dari bagian-bagiannya tidak ada.
A. CPU (central process ing unit)
Komponen-komponen
yag sangat berpengaruh dalam kinerja komputer ada dalam kelompok hardware proses,
atau dalam istilah komputer disebut dengan istilah CPU. Pada bagian ini
dilakukan semua koordinasi pengaturan, baik itu input ataupun output sehinngga
terbentuklah sebuah sistem komputer.
Pada
CPU terdapat komponen-komponen dengan fungsinya masing-masing, antara lainmotherboard sebagai
papan utama komponen lainnya; process or sebagai pengatur
utama; RAM sebagai memori acak data; hard disk sebagai media
penyimpanan; VGA card sebagai pengatur video; dan mas banyak
lainnya. Secarah utuh, sebuah CPU merupakan komponen yang satu
kesatuan dalam suatu wadah yang disebut casing. Apabila
ada komponen yang seharusnya ada di dalam casing , tap
penggunaannya di luar, maka koponen tersebut disebut dengan media external.
1. Motherboard/Mainboard
Motherboard atau dalam bahasa indonesia
adalah papan induk merupakan media dasar dari berbagai komponen CPU
komputer. Motherboard merupakan papan sirkuit yang dipasang
berbagai komponen, diantaranya : Slot, process or, RAM, VGA card,
sound card, chipset, BIOS, jumper, heatcink, dan lain-lain.
a. RAM (Random Access memory)
Memory atau dalam istilah
RAM (random acces memory) adalah jenis media penyimpanan
komputer yang dapat diakses secara acak. Artinya, urutan memory yang
disimpan dapat dilakukan secara acak dan tidak beraturan , seperti halnya disk.
RAM juga difungsikan sebagai memory utama (main memory)
untuk menampilkan dan memanipulasi data saat komputer pertama dinyalakan, dan
akan terhapus bila komputer mati.
Jenis-jenis RAM secara umum ada dua type,
yaitu SD-RAM (synchronus data) dan DDR-RAM (double data
rate). Kapasitas RAM juga bermacam-macam seiring dengan perkembangan
teknologi. Generasi pertama RAM berkapasitas antara 4 MB, 8MB, 16MB, dan 32B
kemudian berkembang lagi sampai sekarang 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 512MB, 1GB,
sampai dengan 2GB besar kapasitas RAM identik dengan kecepatan akses komputer,
semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula akses komputer.
b. ROM (Read Only Memory)
ROM adalah suatu hardware berupa memori yang
hanya dapat dibaca. Pada ROM kita tidak dapat mengisi atau menulisi data
sewaktu-waktu seperti pada RAM walaupun keduanya sama-sama dapat diakses secara
acak. Memori jenis ini memang lebih lambat, tapi data pada ROM tidak akan
hilang walaupun komputer dalam keadaan mati/off karena ROM dapat menyimpan data
tanpa membutuhkan daya listrik.
c. Chipset
Kebanyakan komputer desktop dikawal oleh
beberapa keping silikon yang terdapat di atas papan induk. “Specification
Application Specific Integrated Circuit” atau SASIC atau dikenal
sebagai chipset. Chipset merupakan rangkaian
elektronik yang kecil, di dalamnya dijejali dengan banyak transistor. Chipset juga
menentukan jenis memori yang boleh digunakan oleh papan induk, kelajuan
penghantaran data di antara “hard drive” dan juga sistem
serta mengawal semua peranti-peranti yang terdapat pada slot-slot pengembangan
(expansion slots ). Pada umumnya fungsi-fungsi utama yang dikawal
oleh chipset adalah kesesuaian sistem (compatibility),
keluasan ( expandability) dan juga memori.
Chipset memiliki
beberapa fungsi, misalnya :
1) Chip ROM untuk menyimpan
BIOS.
2) Chipset secara
normal terdiri dari dua northbridge dan southbridge
3) Chipset juga
berfungsi menjembatani aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa
komponen utama dan tambahan di motherboard.
Pada motherboard terdapat 2 jenis chipset yang
bisa dibilang berfungsi sebagai panglima tertinggi pada sebuah system motherboard.
Namun saat ini, terdapat banyakmotherboard yang menggunakan chipset yang
berbeda-beda. Jenis chipset yang akan digunakan pada motherboard ditentukan
beberapa hal, antara lain :
1) Tipe process or yang
bisa digunakan
2) Jenis memori yang
mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya
3) Kelengkapan I/O yang mampu
disediakan
4) Tipe display adapter yang
bisa digunakan
5) Lebar data pada
motherboarad yang bisa didukung
6) Ketersedian fitur-fitur
tambahan (misalnya LAN, sound card, atau modem onboard).
Chipset terbagi atas 2
jenis yaitu :
1) Chipset Northbridge
Chipset ini merupakan litar “bus controller”
yang utama seperti memori, cache dan “PCI Controller”. Ia mungkin mempunyai
lebih daripada satu “discrete cip”. Seluruhchipset dinamakan dengan
nomor-nomor primary ataupun cip north bridge yang
terbesar. Sebagai contoh : “FW82439HX” menandakan PCI set Intel 430HX.
2) Chipset Southbridge
Chipset ini merujuk kepada peripheral
dan controller yang tidak begitu penting (non-essential controller)
seperti EIDE dan controller serial port. Ia mempunyai hanya satu “descrete chip”
dan boleh ditukarganti dengan chipset-chipset yang
berbeda saja, contoh Sis 5513 Intel PIIX.
d. BIOS
BIOS ( basic input output system) adalah
program bawaan yang ada pada komputer yang fungsinya untuk mengatur semua
peerangkat keras komputer. Perangkat keras tersebut antara lain keyboard, harddisk,
CD-ROM, dan lain-lain. Fungsi BIOS adalah menginisialisasi hardware yang
akan masuk pada system komputer secara keseluruhan. BIOS biasa di
sebut juga dengan firmware karena merupakan bagian yang menyatu dari system
perangkat keras.
Untuk mengoprasikan BIOS, yaitu pada saat menyalakan komputer
pertama kali kita akan menjumpai perintah untuk masuk ke system BIOS. Perintah
yang bisa digunakan, yaitu menekan tombol DEL “ press Del to enter
set up” atau tombol lain yang diperintahkan.
Tenggang waktu untuk kita masuk ke BIOS hanya diberikan beberapa
detik saja, oleh karena itu bila ingin masuk ke sistem, kita harus cepat
menekan tombolnya.
e. Process or
Process or sering disebut sebagai otak dan
pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Process
or adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Process or terletak
pada socket yang telah disediakan oleh motherboard,
dan dapat diganti dengan process or yang lain asalkan sesuai
dengan socket yang ada pada motherboard. Salah
satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari
jenis dan kapasitas process or. Process or adalah
chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah
mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan process
or dalam mengolah data atau informasi. Merk process or yang
banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, CyrixVIA,
IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Process or Bagian terpenting
dari process orterbagi 3 yaitu :
1) Aritcmatics Logical
Unit (ALU)
2) Control Unit (CU)
3) Memory Unit (MU)
Fungsi Process or dalam komponen komputer
sangat penting sekali, karenaprocess or merupakan pusat pengendali
dan memproses kerja sebuah komputer. Process or sendiri pada
umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan
atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.
Cara kerjaprocess or akan terus terhubung dengan komponen komputer
yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Process or juga
di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data
akan melalui process or mengeluarkan atauoutput yang
sepatutnya. Process or juga dikenal sebagai Central
Process ing Unit atau ringkasan CPU. Process or hanya
dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya
berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101) . Bilangan biner merupakan notasi
untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat
sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
f. Heatsink
Heatsink adalah logam dengan design
khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua
material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari
sebuah process or. Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap
panas. Biasanya terbuat dari aluminium,biasanya dipadukan dengan pemakaian fan
pada heatsink untuk mengoptimalkan penyerapan panas yaitu
dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar CPU, ini akan
meningkatkan performa kerja komputer.
Fungsi heatsink adalah membantu proses
pendinginan sebuah process or.Secara teknik, semakin luas permukaan
perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda
tersebut.
Cara kerja Heatsink bekerja selama proses
penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat tersebut tidak bekerja/
menghasiklan panas maka heatsink tidak akan bekerja, heatsink akan
menerima panas dari process or misalnya dari permukaan yang
bersentuhan dengan process or lalu panas tersebut akan
menyebar keseluruh bagianheatsink dengan sama rata besarnya melalui
sirip-sirip. panas yang telah menyebar tadi harus dibuang, yang berfungsi untuk
membuang panas adalah fan, fan akan menyemburkan udara keseluruh bagian heatsink dan
membuang seluruh panas yang ada pada sirip-sirip tersebut.
g. VGA Card
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam
CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.
Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias
blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun
bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA onboard.
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas
sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor,
hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas
dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas,
karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat. VGA card yang
terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu
dengan motherboard). Keuntungan VGA card non on
board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila
terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita.
h. Sound card
Sound card Atau yang lebih kita kenal
dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas
untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan
periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard,
yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan
menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound
card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.
Sound card memiliki empat fungsi utama,
yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDIinterface,
pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan
pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara
darispeaker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang
bercirikan Multimedia.
i. Jumper
Jumper pada sebuah komputer adalah connector (penghubung)
sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada
suatu sirkuit.Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada
papan elektrik seperti motherboardkomputer. Jumper pada
komputer biasanya digunakan pada Motherboard, Optical Disk,
dan pada beberapa VGA Card tertentu. Tetapi karena
penggunaannya lebih banyak padaOptical Disk.
1) Jumper clear CMOS
Jumper CMOS biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Biasanya
terdapat 3 kaki (pin) padajumper ini. Fungsinya adalah untuk
menyimpan dan me-reset CMOS (sebuah IC program padaMotherboard)
pada posisi default (Setting Awal/Pabrik). Biasanya pada pin
ke 1 dan 2 bila dihubungkan dengan sebuah Jumper maka CMOS
pada posisi normal akan menyimpan setiap settingan yang kita ubah pada
CMOS/BIOS dan bila Jumper kita ubah pada posisi 2 dan 3, maka
komputer akan kembali pada posisi default. Lalu untuk apa
posisi default? Tentu saja, bila kita melakukan setting yang
salah terhadap CMOS/BIOS maka bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan
komputer tidak bisa hidup, maka dengan melakukan Clear CMOS komputer akan
kembali ke posisi awal sebelum kita melakukan perubahan pada CMOS/BIOS. Begitu
pula Jumper Clear CMOS ini bisa digunakan bila komputer tidak
bisa hidup akibat kita lakukan perubahan pada hardware,
misalnya process or, tetapi karena CMOS/BIOS anda telah
menyimpan setting pada komputer yang lama dan tidak mampu
membaca process or yang baru saja anda gantikan maka Jumper ini
bisa anda gunakan.
2) Jumper Bus
Clock/Bus Speed
Jumper ini
berfungsi untuk menyeting Bus Clock pada process or. Pada saat ini,
hampir bisa dibilang jumper ini jarang digunakan. Fungsi
setting yang tadinya diatur olehjumper sekarang sudah dibuat outo atau
bisa disetting lewat BIOS. Pada gambar disamping ini adalah salah satu contoh
dari komputer Pentium I, yang terdiri dari Bus 50,
55, 60, 66 dan 75. Bus ini terdapat pada process or. Disetiap Bus
yang kita pilih, ada petunjuk mengenai penggunaan jumpernya.
3) Jumper
Bus Ratio
Seperti
halnya jumper Bus Clock/FSB, jumper ini pun
bisa dibilang sudah tidak dipergunakan kembali. Jumper ini
adalah ratio perkalian dari process or. Misalnya process
orPentium I 133 MHz dengan Bus/FSB 66, maka rationya
adalah 2x. Maka kita melakukan setting sesuai dengan petunjuk yang terdapat
pada keterangan baik di Motherboard maupun buku manual.
4) Jumper VGA
Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang
menyediakan VGAonboard beserta Slot VGA sebagai tambahan. Jumper,
biasanya terdiri dari 3 kaki/pin yang digunakan untuk memilih apakah yang
digunakan VGA onboard nya atau Slot VGA. Sama sepert jumper bus
clock, jumper ini sudah jarang dipergunakan dan diganti
dengan outo setting, sehingga tanpa melakukan setting apapun,
VGA akan memilih sendiri yang mana yang dipergunakan.
j. Socket/slot Processor
Socket/slot adalah tempat dudukan processor pada motherboard.
Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya
kaki-kaki (pin-pin)processor yang tersusun membentuk matriks 2
dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan,
letak, dan jarak antar pin-pin pada processor.
Istilah socket (nama lengkapnya adalah soket
CPU atau soket processor) telah digunakan secara luas dalam dunia
komputer untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan motherboard dengan processor,
khususnya untuk tipe komputer desktopdan server. Processor yang
dimaksud di sini terutama processor berarsitektur Intel x86.
Banyak sekali ditemukan soket-soket pada motherboard yang
diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Seperti telah disinggung
di atas, pada soket tersebut banyak lubang-lubang tempat tertancapnya
(diselipkannya) pin-pin atau kaki-kaki processor yang terletak
di sisi bawah permukaan process or. Contoh soket yang menggunakan
arsitektur ini adalah:
1) Soket 5 yang memiliki 296
pin CPGA (Ceramic Pin Grid Array).CPGA Processoryang
didesain menggunakan sistem koneksi CPGA umumnya berbentuk lempengan persegi.
Salah satu permukaannya terbuat dari bahan keramik (ceramic) tempat
terpasangnya atau tertancapnya pin-pin processor. Bila processor dipasang
pada soket yang ada di motherboard, pin-pin itulah yang masuk atau
menyelip ke lubang soket yang tersedia. Lubang-lubang soket didesain kompatibel
dengan pin-pin processor baik jarak maupun ukuran lubangnya,
sehingga setiap pin bisa tepat terpasang masuk ke setiap lubang soket yang
menjadi pasangannya. Jumlah pin pada setiap jenis processorbelum
tentu sama, bergantung varian processor dan pabrik pembuatnya.
Begitu pula jenis soketnya. Soket ini digunakan untuk processor AMD
K5 SSA5.
2) Soket A yang memiliki 462
Pin CPGA. Soket ini biasanya digunakan oleh processorAMD K7 Thunderbird (Athlon Thunderbird).
Sebenarnya process ornya sendiri memiliki 462 pin, 9 pin
diantaranya tertutup (tidak ada), sehingga secara nyata hanya memiliki 453 pin.
Inilah kekhususan dan tipe socket A (462 Pin CPGA).
3) Soket
A (EV6) yang memiliki 462 pin OPGA (Organic Pin Grid Array). OPGAProcessor yang
didesain menggunakan sistem koneksi OPGA umumnya berbentuk lempengan persegi,
mirip seperti bentuk processor CPGA Salah satu permukaannya
terbuat dari bahan plastik organik (organic plastic) tempat terpasangnya
atau tertancapnya pin-pin processor.
Contoh processor AMD yang menggunakan soket ini adalah Athlon XP.
Contoh processor AMD yang menggunakan soket ini adalah Athlon XP.
Masih banyak contoh-contoh processor AMD yang
menggunakan soket berarsitektur PGA.
Socket 296 berarti dudukan processor tersebut
memiliki 296 lubang. Dengan sendirinya socket tersebut untuk
dudukan processor yang jumlah kaki atau pin-pin-nya sebanyak
296 pin. Begitu juga pengertian untuk soket-soket berarsitektur PGA lainnya.
Dudukan processor pada motherboard tidak
selalu berbentuk soket, ada pula yang berbentuk slot, atau dapat dikatakan
dudukan berbasis slot (memang bentuknya lebih mirip slot ekspansi dari pada
soket). Processornya sendiri dikemas menggunakan dudukan berbentuk
slot yang disebut single edge connection. Contoh processor AMD
yang menggunakan dudukan berarsitektur slot ini, antara lain processor AMD
K7 (AthlonArgon, Pluto, Orion dan Thunderbird). Nama
slot-nya adalah slot A.Selain jenis soket-soket tersebut, masih ada lagi jenis
soket yang lain, yaitu socket A (untuk processor AMD
dengan jumlah pin 462), Soket AM2 (untuk processor AMD dengan
jumlah pin 940), soket F dan lain-lainnya.
k. Slot/socket memory
Soket memory berfungsi untuk meletakkan memori
pada motherboard. Ada duatipe socket memori yang
kiniberedar di masyarakat. Memang ada juga socketterbaru untuk
Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang memakainya. Socket lama
yang masih cukup popular adalah SIMM. Socket ini terdiri dari
72 pin modul. Socket yang kedua memiliki 168 pin modul, yang
dirancang satu arah. Anda tidak mungkin memasangnya terbalik, karenag alur
di motherboard sudah disesuaikan dengan socket memori
tipe DIMM.
l. Konektor Floppy dan
IDE
Konektor ini menghubungkan motherboard dengan
piranti simpan komputer seperti floppy disk atau harddisk.
Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari
dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor
Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary
master drive dan pirantisecondary master.
Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan
piranti-piranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave.
Bagaimana menyambungkan pin dengan kabel ?Mudah sekali. Pita kabel IDE memiliki
tanda strip merah pada salah satu sisinya. Strip merah tersebut menandai, sisi
kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1 dikonektornya. Bila
menancap terbalik, piranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh komputer.
Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan
pin di motherboard.
m. Standby Power LED
Led ini menyala jika terdapat standby power di motherboard.
LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power
sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.
n. Konektor Mouse
Konektor 6 pin ini adalah untuk menghubungkan mouse dengan
komputer. Konektor ini ada yang langsung terpasang pada motherboard dan
ada pula yang tidak terpasang.
o. Port Parallel dan Serial
Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak
menyatu dalam satumotherboard tetapi disambungkan melalui kabel.
Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel.
Fungsi port parallel bermacam-macam, mulai dari menyambungkan
komputer dengan printer, scanner, sampai dengan
menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan
koneksi port paralel.Port serial biasanya digunakan untuk
menyambungkan dengan kabel modem ataumouse.Ada juga piranti lain yang
bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboardtipe
ATX, port parallel dan serial sudah terintegrasi
dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel
yang merepotkan.
p. RJ-45 Port
Port 25-pin
ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network. Ada
juga yang difungsikan untuk menghubungkan PC dengan Modem Eksternal.
q. Jack Audio
Jack line in (biru muda) menghubungkan ke
tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini
menjadai bass/tengah. Jack line out (lime) ini menghubungkan
ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi speaker
out depan. Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel
fungsi jack ini rear speaker out belakang.
r. USB Port
USB (Universal
Serial Buss) digunakan untuk menghubungkan perangkat USB.
s. Port VGA
Port 15-pin
ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang
kompatibel dengan port ini.
t. Konektor Keyboard
Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard.
Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor
serial atautipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2 punya,
dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin
6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT.
2. Power supply
Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai
tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan
tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dan
lain-lain. Input power supply berupa arus bolak-
balik (AC) sehinggapower supply harus mengubah tegangan AC menjadi
DC (arus searah), karena hardwarekomputerhanya dapat beroperasi
dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya
diletakan dibagian belakang atas casing. Fungsi Power
supply dalam komponen komputer sangat vital, karena power
supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat khususnya motherboard. Power
supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC menjadi tegangan
DC, itu di karenakan hardware di dalam komputer hanya dapat
beroperasi dengan arus DC. Pengertian dari power supply adalah sebuah
perangkat yang terdapat di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus
listrik ke berbagai peralatan komputer. Fungsi power supply yang
kurang baik/rusak dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan
banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan
menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk.
Cara kerja power
supply tidaklah sesulit yang kita lihat, kita hanya cukup menekan
tombol power pada casing, yang terjadi adalah power supply akan
melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah
sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard,
yang disebut power good. Jenis konektor kabel Power supply :
No
|
Nama konektor
|
Fungsi
|
1.
|
Konektor 20/24 pin ATXMotherboard
|
Sebagai pemberi tegangan untukmotherboard.
|
2.
|
Konektor ATX 4 pin
|
Sebagai pemberi tegangan untuk Process or.
|
3.
|
Konektor 4 pin peripheral power konektor
|
Sebagai pemberi tegangan untuk periferal seperti Harddisk,
CD-ROM, Kipas.
|
4.
|
Konektor 4/8 pin 12V
|
Sebagai Pemberi tegangan untukmotherboard server.
|
5.
|
Konektor 6-pin PCI-E
|
Sebagai pemberi tegangan untuk kartu grafis jenis PCI-E.
|
6.
|
Konektor floppy
|
Seabagai pemberi tegangan untukfloppydisk drive.
|
7.
|
Konektor SATA
|
Sebagai pemberi tegangan untuk hardisk / optical drive berjenis
sata.
|
3. Harddisk (HDD)
Pengertian Harddisk Komputer Harddisk adalah
perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi
media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak
akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop.
Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media
penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus).
Fungsi
perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data
yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya,
terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah
setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga
mempunyai komponen- komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri
atas direktori, folder,subdirektori, serta subfolder, yang
digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.
4. Disket/Floppy (FDD)
Disket merupakan media penyimpanan luar yang berbentuk
kotak dan biasa disebut dengan istilah floppy. Di dalam kotak disket terdapat
media kepingan magnetik yang berbentuk lingkaran tipis yang merupakan inti
dari floppy. Jenis-jenis floppy terbagi menjadi
tiga berdasarkan besar dari bentuknya, yaitu floppy 8 inch,
flopy inch, danfloppy 3 inch.
Generasi
terkhir floppy yang di pakai sampai saat ini, yaitu floppy 3 inch,floppy ini
diperkenalkan pertama kalinya oleh sony. Disket dibaca dan
ditulis menggunakan floppy disk drive (FDD) yang
terletak pada CPU. Kapasitas disket yang ditulis paling umum
adalah 1,44 MB.
FDD
ada juga yang bersifat external digunakan untuk komputer portable,
contohnya laptop atau notebook. Port yang digunakan dalam
FDD external menggunakanport USB sebagai
kepraktisannya.
5. CD/DVD ROM
Perangakat ini digunakan sebagai media baca
dan tulis keping CD atau DVD. Sebenarnya fungsinya sama seperti floppy drive atau card reader.
Hanya saja, media simpan yang digunakan adalah keping CD atau DVD.
Dirve CD atau DVD, keduanya berbeda pada tipe
keping media simpannya. Untuk membaca keping CD digunakan CD-ROM, sedangkan
untuk membaca keping DVD digunakan DVD-ROM saja. Selain itu, drive DVD
juga dapat mengenali format keping CD.
Dilihat dari kemampuan baca tulis, drive CD/DVD
terdiri atas dua jenis, yakni driveyang bisa membaca data dan druve
yang bisa menulis data ke dalam CD/DVD. Jenisdrive yang
terakhir atau lebih dikenal dengan CD-RW atau DVD-RW ini juga dapat digunakan
untuk membaca data. Biasanya pada drive CD/DVD tertera angka
misalnya 52x32x52 CD-R/RWRead atau 16x-DVDROM. Pada drive CD,
angka 52x berarti kecepatan maksimal menulis data, 32x adalah kecepatan
penulisan ulang, 52x yang terakhir adalah kecepatan bacanya. Dan 16x adalah
kecepatan baca pada keping DVD. Angka-angka tersebut sebenarnya memiliki
kecepatan akses tersendiri. Berikut tabel kecepatan akses drive CD/DVD.
52x
|
7.800 KB/s
|
48x
|
1.200 KB/s
|
44x
|
6.600 KB/s
|
40x
|
6.000 KB/s
|
36x
|
5.400 KB/s
|
32x
|
4.800 KB/s
|
28x
|
4.200 KB/s
|
24x
|
3.600 KB/s
|
20x
|
3.000 KB/s
|
16x
|
2.400 KB/s
|
12x
|
1.800 KB/s
|
10x
|
1.500 KB/s
|
8x
|
1.200 KB/s
|
6x
|
900 KB/s
|
4x
|
600 KB/s
|
2x
|
300 KB/s
|
1x
|
15000 KB/s
|
Drive CD/DVD
biasanya dipasang di dalam casing CPU. Namun, ada juga
jenis driveCD/DVD eksternal yang berisat portable. Drive CD/DVD external banyak
digunakan pda notebook. Koneksi drive CD/DVD jenis
ini umumnya menggunakan port parallel, USB, atau
PCMCIA. Untuk laptop, drive CD/DVD internal bentuknya lebh
ramping. Meski demikian, kemampuannya sama dengan drive CD/DVD
pada PC.
6. Casing
secara fisik,
komponen-komponen yang ada pada CPU terpisah-pisah walaupun ada yang
terintegrasi bersama motherboard, antara lain RAM, VGA, Sound
card, dan NIC. Ada juga yang memisah moterboard, antara
lain floppy dan drive lainnya.
Komponen-komponen tersebut dipersatukan secara utuh atau dibungkus dengan benda
yang disebut dengancasing.
Casing merupakan media untuk membungkus semua komponen PC menjad
satu bagian yang utuh, kecuali perangkat luar (mouse, keyboard,
dan monitor). Bentuk casingada bermacam-macam
diantaranya adalah desktop, bentuk tower, dan
bentuk barebone.
B. Monitor
Seperti layaknya
TV, monitor merupakan alat keluaran dari komputer yang
berperan yangat penting. Betapa tidak, karena dari monitor akan
di tampilkan hasil yang telah diproses sebelum melalui komputer.
Monitor adalah sebuah peranti yang bentuknya mirip televisi, dan
menyajikan gambar yang dapat dilihat oleh pengguna komputer, agar pengguna bisa
tahu apa yang dikerjakan di komputer. Monitor termasuk
peranti output karena dari monitor pengguna
bisa tahu informasi yang diberikan dari komputernya.
Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, yang tidak terlalu jauh beda dengan televisi. Di dalam dunia komputer ada yang disebut dengan istilah pixel, pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, yang tidak terlalu jauh beda dengan televisi. Di dalam dunia komputer ada yang disebut dengan istilah pixel, pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Teorinya, untuk
membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri
ke kanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan
intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut
terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar,
dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk
mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya kita
dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atau monitor.
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zamanbaheula belumlah secanggih sekarang, maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zamanbaheula belumlah secanggih sekarang, maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.
Dulu, lapisan yang
berpendar dalam tabung gambar kualitasnya tidak sebaik sekarang. Jadi
kualitas pixel yang dihasilkan juga tidak seoptimal sekarang.
Kini, seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang membutuhkan kualitas
TV dan monitor tabung yang lebih baik, untungnya kualitas
lapisan berpendar dalam tabung monitor telah lebih baik.
Hasilnya diperoleh
tabung gambar yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi.
Wajar saja, komputer banyak berurusan dengan teks, dan itu membutuhkandetil gambar
yang tinggi. Sayangnya, teknologi monitor dengan tabung CRT
ini ditengarai memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya.
Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada
mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini disebabkan oleh
radiasi sinar elektron pada tabung gambarmonitor atau televisi
tabung.
Tapi manusia
menemukan teknologi baru yang siap menggantikan tabung gambar sebagai alat
tampilan visual. Yaitu teknologi LCD (Liquid Crystal Display),
yang memungkinkan perampingan dimensi dan pemangkasan bobot peranti
display monitor. Selain itu, teknologi yang satu ini disebut-sebut
akrab bagi kesehatan penggunanya.
C. Keyboard
Keyboard adalah
Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam
komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer.
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin
ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun
1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer
pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan
teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC
menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader)
sebagai alat input dan output.
Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan
untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, teks editor atau program
lainnya. Sedangkan pada komputer modern, penafsiran dari tombol yang ditekan
pada umumnya
diperintahkan kepada perangkat lunak. Keyboard juga
digunakan untuk game
komputer, baik dengan keyboard biasa
atau dengan menggunakan keyboard
dengan fitur gaming khusus.
Fungsi keyboard di sini
memang penting sekali. Jika sebuah komputer
tidak memiliki keyboard maka
tentu sebagian aplikasi atau software komputer
tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan
tidak dapat digunakan.
Karena banyak tombol di keyboard,
tentu tombol-tombol yang ada pada keyboard tersebut memiliki
fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan tentang fungsi keyboardberdasarkan
fungsi tombolnya yaitu :
1. Fungsi keyboard berdasarkan
tombol ketik yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data
ke dalam suatu dokumen yang kemudian ditampilkan pada monitorkomputer.
Tombol ketik tersebut berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun
pada keyboard.
2. Fungsi keyboard berdasarkan
tombol kontrol yaitu salah satunya dapat menghasilkan suatu perintah tertentu
jika digabungkan dengan tombol yang lainnya. Seperti misalkan jika tombol
kontrol (Ctrl) ditekan bersama sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah
untuk menebalkan suatu huruf atau angka.
3. Fungsi keyboard berdasarkan
tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikan dengan aplikasi atau software yang
sedang dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika ditekan maka akan memunculkan
menu bantuan (Help) sesuai dengan software yang
dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1 sampai F12 yang tersusun secara
berderet. Fungsi keyboardberdasarkan Tombol alternate yaitu
seperti tombol enter berfungsi untuk memulai kembali suatu
paragraf baru saat mengetik atau untuk memilih suatu perintah tertentu yang muncul
pada aplikasi yang dijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk meng-cancel suatu
dialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
4. Fungsi keyboard berdasarkan
tombol navigasi seperti tombol Page Down yang berfungsi untuk
men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untuk men-scrool layar ke
atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letak cursor ke
bagian akhir baris. Tombol Leftberfungsi untuk pemindahan ke kiri
dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Rightberguna untuk
pemindahan cursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter dan
lain sebagainya.
D. Mouse
Mouse adalah perangkat pengendali
pergerakan cursor atau pointer pada layar monitordengan
menggerakkan/menggesernya pada permukaan datar. Mouse ini sangat
penting dan banyak kegunaanya dalam menjalankan komputer karena mouse ini
diibaratkan seperti tangan manusia yang memudahkan untuk menjalankan komputer,
walaupun terkadang perintahmouse dapat dikerjakan oleh keyboard.
Jika
anda menggerakkan mouse, maka pointer pada layar bergerak dengan
arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol,
umumnya terdapat 2 tombol, ada jugamouse dengan 3 tombol.
Tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung pada program
aplikasi yang berjalan. Mouse saat ini menyertakan roda
penggulung (scroll wheel) untuk menggulung dokumen yang panjang.
Adapun
istilah dalam mouse sebagai berikut:
1. Klik mouse: Menekan tombol
kiri mouse sebanyak 1 kali.
2. Double Klik : Menekan tombol kiri mouse sebanyak
2 kali dengan cepat.
3. Drag and Drop: Menekan tombol
kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang
diinginkan lalu melepas tombolnya kembali.
4. Klik Kanan: Menekan tombol kanan mouse sebanyak
1 kali .
5. Scroll lock : Menggulung layar ke atas atau ke
bawah .
Dari
sejak awal diperkenalkan, fungsi mouse tidak hanya sebagai
penunjuk arah saja, Tetapi, juga sudah berfungsi sebagai input device.
Oleh sebab itu, mouse sejak pertama kali diperkenalkan sudah
memiliki sebuah tombol. Waktu pertama kali, memang hanya ada satu tombol yang
melengkapinya. Namun kini seiring majunya teknologi pada mouse,
tidak hanya tombol saja yang bertambah pada mouse, ada beberapa hal
lain yang kini juga telah melengkapi mouse. Di antaranya scroll button
atau tombol scroll, efek getar, dan masih banyak lagi. Bahkan dari
segi keamanan kini juga sudah banyak mouse yang dilengkapi
dengan sidik jari. Tombol yang ada pada mouse memiliki
berbagai macam fungsi. Untuk fungsi yang paling umum biasanya terletak pada
tombol di sebelah kiri. Sedangkan, untuk fungsi tambahan biasanya terletak
disebelah kanan. scroll mouse banyak dipergunakan
untuk melihat sebuah dokumen yang panjang ke bawah. Sedangkan tombol yang lebih
banyak dari itu umumnya sangat terasa manfaatnya bila sedang digunakan untuk
bermain games. Misalnya saja untuk mengganti senjata, untuk melihat peta, dan
sebagainya. Mouse pada aplikasi permainan memiliki fungsi yang
tidak jauh berbeda dengan joystick. Kadang sama seperti
halnya joystickyang dilengkapi dengan efek getar. Tidak hanya
fasilitas yang beragam bentuk mouse juga sangat beragam. Mulai
dari yang sangat kecil (setengah besar telur ayam negeri) 12 sampai sangat
besar genggaman telapak tangan. Bahkan ada juga yang berbentuk sangat mirip
menyerupai joystick. Sebenarnya apapun bentuk mouse harus
disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya. Masih banyak perangkat lain yang
dapat beralih fungsi menjadi mouse atau dapat dimanfaatkan
sebagai mouse selain fungsi yang lain. Contoh saja keypad.
Dengan bantuan keypad Anda tetap dapat membaca isi sebuah web dengan baik.
Sedangkan bagi yang menggunakan notebook atau laptop, Anda akan memiliki
pilihan yang lebih luas. Karena umumnya sebuah laptop atau notebook sudah
dilengkapi dengan alat penunjuk penggantimouse yang disebut
touchpad atau disebut juga pointer stick. Jika touchpad bentuknya sepertimousepad kecil
dan letaknya di bawah keyboard, pointer stick bentuknya seperti
tombol bulat kecil, letaknya di tengah-tengah keyboard. Pointer
stick sangat umum terdapat pada laptop-laptop produksi IBM. Namun, bukan
berarti kehadiran mouse akan percuma untuk notebook.Mouse atau
tablet terkadang masih dibutuhkan pada laptop atau notebook karena
kebutuhaannya. Sebab jika terlalu lama menggunakan pointer stick atau touchpad dapat
membuat tangan Anda lebih cepat pegal dibandingkan dengan menggunakan mouse biasa.
Meskipun hal ini bukan berarti menggunakan mouse tidak akan
berdampak apa-apa bagi kesehatan. Penggunaan mouse yang tidak
nyaman dapat membuat pergelangan tangan mengalami penderitaan yang cukup lama
E. Printer
Printer adalah perangkat keras (hardware)
dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan
perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan,
gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya.Printer itu
sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu
perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian,
kehadiranprinter tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja
kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak
suatu dokumen penting.
Fungsi Printer Komputer
Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik,
dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah
resolusi pada printer itu sendiri, yaitu DPI atau singkatan dari dot
per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam
area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer,
maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya,
apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka
hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.
B. Apa
yang dimaksud hardware itu
1.
Komponen Hardware ( Perangkat
Keras)
Perangkat
yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang
dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai
aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa
bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
1.
Proccesing Device
CPU
( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan
pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau
peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
- ALU (Arithmetic
Logic Unit )
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
- CU (
Control Unit )
Unit
control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah
serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi-instruksi dari
program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data
dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan
data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan
disajikan ke alat output.
Berikut
ini adalah beberapa contoh alat yang berperan untuk pemrosesan :
- Motherboard atau main board
Motherboard
atau papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik
saling terhubung. Mother board merupakan tempat lalu lalangnya data.
Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya
bekerjasama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
bekerjasama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
- Processor
Jika
sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak
manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah
komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan
perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari
tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard
kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.
- Power Supply
Power
supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus
listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk,
optical disk drive, dan lain sebagainya.
- LAN card
Fungsi
LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer
satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap
komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti
printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antara komputer di
perlukan setting-tertentu.
- VGA card
Kartu
grafis atau kartu video (VGA card) adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk
menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari berbagai
rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama
pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap
video, dan adptor untuk penala TV, menguuraikan MPEG-2 dan MPEG-4, Firewire,
dan mengubungkan menuju beberapa layar. Kartu grafis yang terkenal antara lain
ATI, Matrox dan NVIDIA.
- RAM (Random Access Memory)
RAM
adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang
berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita
jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli
sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki
oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.
- Hardisk
Hard
disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar
kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga
data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk
kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki
oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
- Chace Memory
Cache
memory adalah memori yang berukuran kecil yang siatnya temporary (sementara).
Walaupun ukurannya filenya angat kecil namun kecepatannya sangat tinggi. Fungsi
dari cache memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi
yang diperlukan oleh processor.
- Floppy Disc Disket
Cakram
flopi (floppyy disk) disebut juga disket adalah sebuah perangkat penyimpanan
data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur
dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
- Sound card
Sound
card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara
dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah
disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran
saat ini.
- Wireless Network Adapters
Merupakan
alat perangkat hardware yang menghubungkan komputer ke dalam jaringan komputer
(computer network). Secara umum network adapter dapat dikelompokan ke dalam dua
bagian yaitu internal dan eksternal. Network adapter internal dipasang pada
slot ekspansi PCI yang ada pada main board.Sedangkan network adapter eksternal
di pasang diluar, biasanya dihubungkan melalui port USB yang ada di komputer.
- Wireles Router
Router
atau penghala adalah sebuah alat yang mengirimkam paket data melalui sebuah
jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal
sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 ( lapisan jaringan
seperti IP dari protokol tumpukan (stack protokol) tujuh-lapis OSI. Router
berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan
data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch,
switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area
Network (LAN).
- Modem
Modem
merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang
mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk
dikirimkan, sedangkan Demodulator adlah bagian yang memisahkan sinyal informasi
(yang berisi data atu pesan) dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik.
Modem merupakan gubungan dari keduanya artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh umumnya menggunakan bagian yang
disebut”modem”seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya
dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk berkomunikasi pada
komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal didigtal diberikan pada
modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar
berupa sinyal analog, modem mengubahya kembali ke sinyal digital supaya dapat
diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal anlog tersebut dapat dikirimkan
melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
1.
Input Device
Input
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
- Keyboard
Keyboard
adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk
mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini
memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang
bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain
sebagainya.
- Mouse
Mouse
adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di
layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah
program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse
untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain
sebagainya.
- Scanner
Scanner
(pemindai) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk
maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil
pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai
data digital.
- Web cam
Kamera
web adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer
melalui colokan USB atau pun colokan COM. Fungsi dari web cam telah kita
ketahui yaitu untuk memudahkan kita dalam mengolah pesan cepat seperti chat
melaui video atau bertatap muka melalui video secara langsung. Web cam juga
berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung, namun
perlu di sadari kebanyakn pengguna menggunakan piranti ini hanya untuk chat
video.
- Joystick
Joystick
adalah alat masuka komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala
arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke
komputer. Alat ini umumnya digunakan dalam sebagai pelengkap untuk permainanan
video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
- Microphone
Microphone
adalah alat perekam suara yang akan disimpan dalam memori komputer, selain itu
dapat juga digunakan untuk berbicara dengan orang lain pada saat chatting.
- Graphic Pads
Graphic
pads adalah alat masukan komputer yang digunakan untuk menggambar dengan tangan
dan memasukan gambar atau sketsa langsung komputer, layaknya menggambar di atas
kertas menggunakan pensil. Sebuah Tablet grafis atau grapphic pad terdiri dari
tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen).
1.
Output Device
- Monitor
Monitor
adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil
pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh
orang yang memakai komputer.
- LCD Proyektor
Projector
adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic
elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke
dinding atau layar.
- Speaker
Speaker
adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan
berupa suara dari komputer.
- Printer
Printer
adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti
gambar/foto, tulisan pada media kertas.
C. Apa yang dimaksud
Software itu
Rangkaian
prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang
dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
1.
Operating System
- Windows
- Linux
- Mac OS
- Dll
1.
Application Program
- Microsoft
Office
- Corel
- Photoshop
- Adobe
Reader
- Dll
D. Apa yang dimaksud Brainware
itu
Brainware adalah orang yang
mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan
maka tidak akan dapat digunakan.
E.
REFRENSI
·
“Manfaat komputer”. 04 Desember 2014. http://dunovteck.wordpress.com/2009/10/28/fungsi-dan-manfaat-komputer/
·
“Cpu pengenalan hardware”. 04 Desember 2014. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CDcQFjAE&url=http%3A%2F%2Ffileserver.acehprov.go.id%2FTutorial%2Fkumpulan%2520PDF%2FEA-SGS-Pengenalan%2520Hardware.pdf&ei=tNaAVOjCG8uMuATsoIGYBQ&usg=AFQjCNFyehQqmP9z810u4NzSruWQjwGagw&sig2=joeUQdYfylTetz0bPmyDHg
·
“informasi lengkap komponen-komponen
motherboard”. 04 Desember 2014. http://goresan-kecil-chara.blogspot.com/2011/10/komponen-komponen-pada-motherboad.html
·
“Komponen-komponen kompuuter dan fungsinya”. 05
Desember 2014.http://yajidkomputer.blogspot.com/p/bagian-bagian-komputer-dan-fungsianya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar